11 Pakan Kelinci Alami beserta manfaatnya untuk kesehatan kelinci.

11 pakan Alami kelinci dan manfaatnya untuk kesehatan kelinci.

Pakan Alami yang Paling Disukai Kelinci dan bermanfaat bagi kesehatan kelinci.

kelinci termasuk dalam kategori hewan herbivora, artinya binatang ini hanya mau memakan sayur-mayur. Kelinci mengandalkan insting dalam mencari makanan di habitat alaminya.
Sementara, untuk kelinci yang dipelihara, Anda bisa memberikannya Rumput, daun, umbi, atau buah dari tanaman sebagai pakan utamanya, Namun Untuk kelinci yang dipelihar atau diternak ada cara tersendiri dalam hal merawat dan memberi pakan.
Untuk memberi pakan pada kelinci ternak usahakan jemur terlebih dulu sayuran atau rumput tersebut untuk mengurangi kadar airnya hal ini bertujuan untuk menghindari kelinci kesayangan Anda dar penyakit mencret dan kembung.
Bagi Anda yang masih pemula dalam memelihara kelinci, berikut ini beberapa rekomendasi pakan alami kesukaan Kelinci beserta Manfaatnya bagi kesehatan kelinci peliharaan Anda.

1. Rumput timothy.

Rumput timothy sebagai pakan utama kelinci. Rumput timothy sejenis rumput lapangan yang mempunyai ekor kucing di bagian atasnya pada saat berbunga, banyak dimanfaatkan peternak kelinci di luar Negri.
Manfaat rumput timothy:
Rumput timothy sangat baik untuk pertumbuhan dan kesehatan kelinci
karena Rumput ini mengandung serat yang sangat baik ,meberi makan rumput timothy juga aman, dalam artian tidak ada efeksamping untuk kesehatan kelunci.

2. Wortel

Wortel sangat terkenal sebagai makanan terbaik untuk kelinci.
karena memang kelinci sangat menyukai wortel.
Manfaat Wortel Untuk Kelinci:
Wortel kaya akan kandungan vitamin A dan beta karoten yang bagus untuk pertumbuhan kelinci.
Cara meberikan wortel pada kelinci Sebaiknya wortel diris menjadi irisan persegi panjang atau seperti batang korek api ,agar kelinci mudah untuk memakannya.

3. Daun kangkung.

Para penghobi biasanya memberi pakan berupa kangkung kepada kelinci peliharaannya. Kangkung dapat dijumpai dengan mudah di tukang sayur dan atau langsung disawah tempat petani menanam harganya pun akan lebih murah.
Cara memberikan pakan kangkung
Sebaiknya dijemur terlebih dahulu sampai kondisinya agak kering, hal ini bertujuan agar kandungan air dalam kangkung berkurang, Barulah Anda bisa memberikannya pada kelinci tampa takut kelinci anda kembung.

4. Daun singkong.

Daun singkong bisa Anda jadikan sebagai makanan selingan bagi kelinci. Daun ini memiliki kandungan vitamin A dan protein nabati yang melimpah.
Manfaatkan daun singkong untuk selingan makanan kelinci ,usahakan daun yang masih muda.

5. Daun pepaya.

Daun pepaya adalah obat alami Untuk Kelinci yang kurang nafsu makan, akibat kondisi kesehatan yang memburuk.manfaat daun pepaya untuk kelinci:
Daun pepaya memiliki berbagai kandungan gizi diantaranya vitamin A, vitamin B1, vitamin C, kalori, protein, lemak, kalsium, karbohidrat dan masih banyak lagi, semua kandungan tersebut tentunya memiliki berbagai manfaat Untuk kesehatan klinci disamping untuk makanan tambahan juga sebagai jamu untuk mengatasi penyakit cacingan pada kelinci.
jamu untuk menambah nafsu makan kelinci.
Dan sebagai jamu untuk mengatasi berbagai masalah pencernaan pada kelinci.
Tingginya zat besi yang terdapat pada daun pepaya juga dapat mencegah kelumpuhan pada kelinci.

5. Daun pisang.

Jika kelinci Anda mengalami setres akibat pindah kandang atau perjalanan jauh, Anda bisa menyembuhkannya dengan memberikan daun pisang kepok atau pisang kelutuk, Petiklah daun pisang pada pagi hari, lalu jemur sampai sore dan berikan pada kelinci.
Daun pisang yang kaya akan kandungan fitamin bagi kelinci ini akan membantu menetralkan kadar setres pada kelinci.

6. Daun ubi jalar.

Daun Ubi jalar adalah salah satu makanan faforit bagi kelinci
Sudah tidak diragukan lagi kalau kelinci sangat menyukai daun ubi jalar. Mereka akan melahapnya dengan rakus apabila Anda memberikan daun ubi jalar. Daun ubi jalar memiliki kandungan serat dan vitamin yang berlimpah. Kandungan air di dalamnya pun cukup tinggi. Itulah sebabnya, Anda wajib menjemur daun ini terlebih dahulu sampai kondisinya layu.

7. Daun sawi.

Daun Sawi sangat cocok untuk Anakan-anakan kelinci yang usianya kurang dari 3 bulan atau kelinci sapihan.
Anda bisa memberikan pakan berupa daun sawi untuk anakan kelinci, sayuran ini sangat disukai oleh kelinci yang masih kecil karena teksturnya daunya yang lembut membuatnya aman dikonsumsi oleh kelinci-kelinci anakan.
Namun, Anda tetap harus menjemur daun sawi ini terlebih dahulu untuk mengurangi kadar airnya.

8. Daun Kelor.

Daun kelor juga bagus utuk kelinci, manfaat daun kelor hampir sama dengan daun pepaya, bisa dimanfaatkan untuk jamu almi kelinci yang kurang sehat.

9.Rumput Odot.

Di Amerika rumput jenis ini sangat terkenal dan sudah lama digunakan untuk makanan domba atau kambing, karena memang di dalamnya terkandung protein yang cukup baik hingga 12-14%. Sekarang rumput odot sudah banyak ditemukan di Indonesia dan banyak pula yang menanamnya.
Jika teman-teman sedang memelihara kelinci, tidak ada salahnya mencoba pakan rumput odot. Karena urat daunnya halus, tekstur lembut, tidak berbulu dan tidak kasar. Selain itu pertumbuhan rumputnya juga cepat, biar mudah mencarinya kalian bisa memelihara sendiri di samping rumah.
Ciri-cirinya tinggi maksimal hanya 1 meter, batangnya tetap pendek meskipun sudah besar. Lalu jarak antara ruas cuma 2 sampai 4 cm. Ada bulunya tapi halus, jadi seperti tidak berbulu. Lihat gambar di atas, biar lebih jelas.
manfaat yang terkandung dalam rumput odot adalah dapat membentuk tekstur daging lebih padat(kelinci gemuk).

10. Rumput Sintrong.

Rumput sintrong Juga kerap dipakai untuk bahan makanan pokok kelinci, meskipun oleh masyarakat sering dianggap pengganggu. Padahal sangat bagus buat pekan kelinci. Rumput ini tumbuh liar di wilayah terbuka bersama rumput-rumput lainnya. Namun jika kalian ingin menjadikan rumput ini sebagai pakan kelinci, sebaiknya dilayukan dahulu karena di dalamnya terkandung kadar air dan getah yang tinggi.
Jika tertarik, silahkan cari di daerah sawah, pekarangan, kebun atau area sekitar rumah Anda.

11. Rumput Legetan/Synedrella Nodiflora.

Rumput legetan atau dalam bahasa Jawa rumput wedusan / bandotan merupakan makanan kesukaan kelinci. Sama seperti rumput sintrong, dia tumbuh di alam bebas seperti di kebun atau di sawah. Manfaat dari Rumput ini bisa menyehatkan pada air kencing, ginjal serta pencernaannya. Yang jelas baik untuk pembentukan pertumbuhan gigi kelinci dan kesehatannya.

Baca juga:Ide dan Analisa bisnis usaha ternak kelinci

Demikian sedikit info untuk pakan kelinci alami beserta manfaatnya untuk kesehatan kelinci dan pertumbuhan kelinci lebih cepat hingga reproduksipun meningkat..

Baca juga:Peluang Usaha UMKM yang potensial didesa

sekian Terimakasih ,semoga memberi manfaat bagi kita semua.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: